A.
VISI
Menjadi
sekolah terunggul dalam membentuk kepribadian anak yang kreatif, mandiri dan
berkarakter.
B.
MISI
1. Membangun dan mengarahkan anak pada kepribadian yang tercermin dari pengamalan nilai-nilai keagamaan dan
nilai-nilai budaya sunda.
2. Membangun potensi anak yang bernilai karakter.
3. Mengenalkan anak pada wawasan ilmu pengetahuan dan teknologi.
4. Mengenalkan anak pada pengembangan kemampuan
enterpreneur.
Struktur kurikulum TK
memuat bidang pengembangan, muatan lokal dan pengembangan diri, dengan rincian
sebagai berikut :
KOMPONEN
|
ALOKASI WAKTU
|
A. Bidang
Pengembangan
1.
Pembentukan perilaku
a.
Moral dan nilai-nilai agama
b.
Sosial
c.
Emosional
2.
Kemampuan dasar
a.
Bahasa
b.
Kognitif
c.
Fisik/motorik
|
15 jam (900
menit)
30 jam
pelajaran
|
B. Muatan
lokal
1.
Bahasa Sunda
2.
Bahasa Inggris
3.
Praktek Sholat dan Iqro
C. Pengembangan
Diri
1.
Pencak Silat
2.
Seni Tari
3.
Teknik Menggambar
|
4 jam (240
menit)
8
jam pelajaran
|
Program Kegiatan Tahunan TK Insan Unggul dilaksanakan dengan kegiatan yang bervariasi yang meliputi :
Kunjungan luar
Adalah kegiatan pembelajaran yang
dilakukan dengan mengunjungi tempat sumber belajar secara langsung untuk
mendapatkan informasi/pengetahuan yang menunjang materi belajar. Kegiatan ini
bermanfaat bagi perkembangan nalar anak, memenuhi rasa ingin tahu dan
perkembangan sosial anak. Kunjungan luar terdiri dari :
1. Kunjungan Kecil
Berupa kunjungan ke lingkungan
sekitar sekolah, misalnya kunjungan ke Pesawahan, Masjid, Lingkungan masyarakat
sekitar sekolah, dll.
2. Kunjungan Besar
Kunjungan besar dilakukan ke tempat
yang cukup jauh dan membutuhkan waktu khusus serta transportasi untuk para
siswa, contohnya kunjungan ke tempat wisata.
Pengenalan Profesi
Adalah kegiatan pembelajaran yang dilakukan dengan cara mengundang narasumber dari profesi tertentu untuk memberikan penjelasan dan peragaan secara langsung dihadapan siswa tentang suatu materi pelajaran yang sedang dibahas berkaitan dengan profesi tersebut. Contohnya adalah pengenalan profesi Dokter, Tukang jamu, Polisi, Kepala Desa, Pedagang, dll.
Tasyakur dan PHB ( Peringatan Hari Besar )
Adalah kegiatan pembelajaran yang dilakukan dengan cara mengundang narasumber dari profesi tertentu untuk memberikan penjelasan dan peragaan secara langsung dihadapan siswa tentang suatu materi pelajaran yang sedang dibahas berkaitan dengan profesi tersebut. Contohnya adalah pengenalan profesi Dokter, Tukang jamu, Polisi, Kepala Desa, Pedagang, dll.
Tasyakur dan PHB ( Peringatan Hari Besar )
Adalah kegiatan peringatan
Hari-hari Besar, yang dilakukan dengan berbagai macam kegiatan seperti
perlombaan, panggung seni, parade karya dan lain-lain. Misalnya Hari Raya Idul
Adha, Peringatan Hari Proklamasi Kemerdekaan RI, Hari Kartini, dll.
BakSos Ceria
BakSos Ceria
Adalah kegiatan sosial yang
bertujuan menumbuhkan kepedulian sosial pada siswa, yaitu dengan memberi
bantuan kepada masyarakat sekitar sekolah yang membutuhkan bantuan, seperti
sumbangan sembako untuk fakir miskin, korban bencana alam.
Partisipasi Orangtua
Partisipasi Orangtua
Yaitu kegiatan melibatkan orangtua
siswa untuk berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran, sebagai narasumber, guru
pendamping atau guru bantu dll. Misalnya orang tua membantu membimbing siswa
dalam praktik memasak sederhana ( fun cooking ), menghadiri acara khusus
sekolah, mengikuti kegiatan family day, memberi saran dan usul pengembangan dan
peningkatan sekolah, dll.
Pemeriksaan Kesehatan
Pemeriksaan Kesehatan
Kegiatan ini bertujuan untuk
menumbuhkan kesadaran hidup sehat serta mengakrabkan anak pada profesi
paramedis. Terdiri dari pemeriksaan gigi dan pemeriksaan umum.
Pemutaran Film Edukatif
Pemutaran Film Edukatif
Yaitu kegiatan belajar dengan
menggunakan media audio visual Televisi/Film yang memiliki tema/topik acara
sesuai dengan materi pembelajaran.
Aneka Lomba
Aneka Lomba
Dilakukan untuk menumbuhkan
persaingan sehat pada anak, melatih kecepatan berpikir dan bertindak, melatih
diri menghadapi dan menghargai kawan satu tim atau lawan pertandingan.
Pameran Karya
Pameran Karya
Dilakukan untuk menanamkan
kepercayaan diri dengan ditampilkan karyanya di depan kelas, sehingga
menumbuhkan konsep diri yang positif dan memotivasi anak untuk mengembangkan
kreativitasnya.
Panggung Seni / Pentas Anak
Panggung Seni / Pentas Anak
Dilakukan untuk melatih keberanian
dan rasa percaya diri anak untuk tampil di muka umum, serta menunjukkan
kemampuan dan keterampilannya.
PROGRAM SEMESTER TK INSAN UNGGUL
TAHUN 2015-2016
TEMA
SEMESTER I
|
||
No
|
Tema
|
Alokasi
Waktu
|
1
|
Diri
Sendiri (Aku, Panca indera, Kesukaanku)
|
3
Minggu
|
2
|
Lingkunganku
(Keluarga, Rumah, Sekolah)
|
3
Minggu
|
3
|
Kebutuhanku (Makanan dan Minuman, Pakaian, K3)
|
4
Minggu
|
4
|
Binatang
|
4
Minggu
|
5
|
Tanaman
|
3
Minggu
|
Jumlah
|
17
Minggu
|
TEMA
SEMESTER II
|
||
No
|
Tema
|
Alokasi
Waktu
|
1
|
Rekreasi
|
3
Minggu
|
2
|
Pekerjaan
|
4
Minggu
|
3
|
Air,
Udara, Api
|
3
Minggu
|
4
|
Alat
Komunikasi
|
2
Minggu
|
5
|
Tanah Airku
|
3
Minggu
|
6
|
Alam
Semesta (Matahari, Bulan, Bintang, Bumi, Langit, Gejala-gejala Alam)
|
3
Minggu
|
Jumlah
|
18
Minggu
|
1. Guru Kreatif Juara 3 se Kec. Rancaekek
2. Juara Favorit Mewarnai (Anak) se-Kec. Rancaekek dan Jatinangor
3. Juara harapan 3 mewarnai se-Kec. Rancaekek dan Jatinangor
Tidak ada komentar:
Posting Komentar