TK IU

A.  VISI
Menjadi sekolah terunggul dalam membentuk kepribadian anak yang kreatif, mandiri dan berkarakter.

B.  MISI
1.    Membangun dan mengarahkan anak pada kepribadian yang tercermin dari pengamalan nilai-nilai keagamaan dan nilai-nilai budaya sunda.
2.    Membangun potensi anak yang bernilai karakter.
3.    Mengenalkan anak pada wawasan ilmu pengetahuan dan teknologi.
4.    Mengenalkan anak pada pengembangan kemampuan enterpreneur.



      Struktur kurikulum TK memuat bidang pengembangan, muatan lokal dan pengembangan diri, dengan  rincian sebagai berikut :

KOMPONEN
ALOKASI WAKTU
A.  Bidang Pengembangan
1.    Pembentukan perilaku
a.    Moral dan nilai-nilai agama
b.    Sosial
c.    Emosional
2.    Kemampuan dasar
a.    Bahasa
b.    Kognitif
c.    Fisik/motorik





15 jam (900 menit)
30 jam pelajaran
B.  Muatan lokal
1.    Bahasa Sunda
2.    Bahasa Inggris
3.    Praktek Sholat dan Iqro
C.  Pengembangan Diri
1.    Pencak Silat
2.    Seni Tari
3.    Teknik Menggambar



4 jam (240 menit)
8        jam pelajaran



Program Kegiatan Tahunan TK Insan Unggul dilaksanakan dengan kegiatan yang bervariasi yang meliputi :

      Kunjungan luar
Adalah kegiatan pembelajaran yang dilakukan dengan mengunjungi tempat sumber belajar secara langsung untuk mendapatkan informasi/pengetahuan yang menunjang materi belajar. Kegiatan ini bermanfaat bagi perkembangan nalar anak, memenuhi rasa ingin tahu dan perkembangan sosial anak. Kunjungan luar terdiri dari :
1.      Kunjungan Kecil
Berupa kunjungan ke lingkungan sekitar sekolah, misalnya kunjungan ke Pesawahan, Masjid, Lingkungan masyarakat sekitar sekolah, dll.
2.      Kunjungan Besar
Kunjungan besar dilakukan ke tempat yang cukup jauh dan membutuhkan waktu khusus serta transportasi untuk para siswa, contohnya kunjungan ke tempat wisata.

Pengenalan Profesi
Adalah kegiatan pembelajaran yang dilakukan dengan cara mengundang narasumber dari profesi tertentu untuk memberikan penjelasan dan peragaan secara langsung dihadapan siswa tentang suatu materi pelajaran yang sedang dibahas berkaitan dengan profesi tersebut. Contohnya adalah pengenalan profesi Dokter, Tukang jamu, Polisi, Kepala Desa, Pedagang, dll.

Tasyakur dan PHB ( Peringatan Hari Besar )
Adalah kegiatan peringatan Hari-hari Besar, yang dilakukan dengan berbagai macam kegiatan seperti perlombaan, panggung seni, parade karya dan lain-lain. Misalnya Hari Raya Idul Adha, Peringatan Hari Proklamasi Kemerdekaan RI, Hari Kartini, dll.

BakSos Ceria
Adalah kegiatan sosial yang bertujuan menumbuhkan kepedulian sosial pada siswa, yaitu dengan memberi bantuan kepada masyarakat sekitar sekolah yang membutuhkan bantuan, seperti sumbangan sembako untuk fakir miskin, korban bencana alam.

Partisipasi Orangtua
Yaitu kegiatan melibatkan orangtua siswa untuk berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran, sebagai narasumber, guru pendamping atau guru bantu dll. Misalnya orang tua membantu membimbing siswa dalam praktik memasak sederhana ( fun cooking ), menghadiri acara khusus sekolah, mengikuti kegiatan family day, memberi saran dan usul pengembangan dan peningkatan sekolah, dll.

Pemeriksaan Kesehatan
Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran hidup sehat serta mengakrabkan anak pada profesi paramedis. Terdiri dari pemeriksaan gigi dan pemeriksaan umum.

Pemutaran Film Edukatif
Yaitu kegiatan belajar dengan menggunakan media audio visual Televisi/Film yang memiliki tema/topik acara sesuai dengan materi pembelajaran.

Aneka Lomba
Dilakukan untuk menumbuhkan persaingan sehat pada anak, melatih kecepatan berpikir dan bertindak, melatih diri menghadapi dan menghargai kawan satu tim atau lawan pertandingan.

Pameran Karya
Dilakukan untuk menanamkan kepercayaan diri dengan ditampilkan karyanya di depan kelas, sehingga menumbuhkan konsep diri yang positif dan memotivasi anak untuk mengembangkan kreativitasnya.

Panggung Seni / Pentas Anak
Dilakukan untuk melatih keberanian dan rasa percaya diri anak untuk tampil di muka umum, serta menunjukkan kemampuan dan keterampilannya.

PROGRAM SEMESTER TK INSAN UNGGUL
TAHUN 2015-2016

TEMA SEMESTER I
No
Tema
Alokasi Waktu
1
Diri Sendiri (Aku, Panca indera, Kesukaanku)
3 Minggu
2
Lingkunganku (Keluarga, Rumah, Sekolah)
3 Minggu
3
Kebutuhanku  (Makanan dan Minuman, Pakaian, K3)
4 Minggu
4
Binatang
4 Minggu
5
Tanaman
3 Minggu
Jumlah
17 Minggu

TEMA SEMESTER II
No
Tema
Alokasi Waktu
1
Rekreasi
3 Minggu
2
Pekerjaan
4 Minggu
3
Air, Udara, Api
3 Minggu
4
Alat Komunikasi
2 Minggu
5
Tanah  Airku
3 Minggu
6
Alam Semesta (Matahari, Bulan, Bintang, Bumi, Langit, Gejala-gejala Alam)
3 Minggu
Jumlah
18 Minggu

Prestasi tahun 2015
1. Guru Kreatif Juara 3 se Kec. Rancaekek
2. Juara Favorit Mewarnai (Anak) se-Kec. Rancaekek dan Jatinangor
3. Juara harapan 3 mewarnai se-Kec. Rancaekek dan Jatinangor
























Tidak ada komentar:

Posting Komentar